Enter your keyword

post

SMP NEGERI 15 KOTA CIREBON MENUJU KURIKULUM 2013

SMP NEGERI 15 KOTA CIREBON MENUJU KURIKULUM 2013

Dalam sejarah kurikulum di Indonesia telah mengalami sebelas kali dinamika perubahan. Dimulai dari masa prakemerdekaan dengan bentuk yang sangat sederhana, dan masa kemerdekaan yang terus menerus disempurnakan yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968,1975, 1984, 1994, 2004, 2006, dan tahun 2013.

Berbagai kebijakan perubahan kurikulum tersebut didasarkan pada hasil analisis, evaluasi, prediksi dan berbagai
tantangan yang dihadapi baik internal maupun eksternal yang terus berubah. Dalam konteks ini kurikulum sebagai produk kebijakan bersifat dinamis, kontekstual, dan relatif. Dinamis sebab terus berkembang dan disesuaikan dengan perkembangan zaman serta terbuka terhadap kritik. Kontekstual karena sangat dibutuhkan dan didasarkan pada konteks zamannya, dan relatif sebab kebijakan kurikulum yang dihasilkan dipandang bagus atau sempurna pada zamannya, dan akan menjadi tidak relevan pada zaman-zaman berikutnya. Oleh karenanya prinsip dasar dalam kebijakan kurikulum adalah change and continuity yaitu perubahan yang dilakukan secara terus menerus.
Kebijakan perubahan Kurikulum 2013 merupakan sebuah ikhtiar dan wujud dari prinsip dasar kurikulum change and continuity tersebut, yaitu hasil dari kajian, evaluasi, kritik, respon, prediksi, dan berbagai tantangan yang dihadapi.

Kurikulum 2013 diyakini sebagai kebijakan strategis dalam menyiapkan dan menghadapi tantangan dan tuntutan masyarakat Indonesia masa depan. Kebijakan kurikulum 2013 akan mampu memerankan fungsi penyesuaian (the adjusted or adaptive function), yaitu kurikulum yang mampu mengarahkan peserta didiknya mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial yang terus berubah. Kurikulum 2013 mengintegrasikan tiga ranah kompetensi yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan.

Implementasi  kurikulum 2013 secara bertahap  dilaksanakan dengan  dimulainya sosialisasi dan pelatihan bagi pengawas sekolah, kepala sekolah dan para guru. Disamping kegiatan sosialisasi dan pelatihan, pemerintah juga mencukupi kebutuhan sekolah dalam hal   sarana dan prasarana penunjangnya. Tidak semua sekolah menerapkan kurikulum 2013, tergantung kesiapan dari sekolah tersebut, namun diharapkan tahun 2019 semua sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013. SMP Negeri 15 Kota Cirebon akan mulai menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2017/2018 mendatang. Oleh sebab itu SMP Negeri 15 Kota Cirebon sedang mempersiapkan segalanya dalam menyongsong implementasi kurikulum 2013 ini. Mudah-mudahan dengan penerapan kurikulum 2013 dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya di SMP Negeri 15 Kota Cirebon.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.