Enter your keyword

post

PESONA DIENG

PESONA DIENG

Dieng adalah salah satu dataran tinggi yang memiliki tempat wisata menarik di Jawa Tengah. Berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, kurang lebih 30 km dari kota Wonosobo. Dataran tinggi Dieng terletak di barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Berada di ketinggian 2.093 mdpl, dataran tinggi Dieng Wonosobo memiliki udara yang sejuk lengkap dengan kabut saat matahari tidak muncul di langit. Dengan kisaran suhu 15 sampai 20 derajat Celcius, Dieng Wonosobo memiliki beberapa tempat wisata diantaranya:

  1. Telaga Warna

telaga-warna

  1. Bukit Sikunir

bukit-sikunir

  1. Sumur Jalatunda

sumur-jalatunda

  1. Kawah Si Kidang

kawah-sikidang

  1. Candi Dieng

candi-dieng

 

Beberapa waktu yang lalu tepatnya 6-7 Agustus 2016 Keluarga Besar SMP Negeri 15 Kota Cirebon yang terdiri dari guru dan staf TU mengadakan “Family  Gathering “ di Dieng. Pada saat itu di Dieng sedang ada Event Dieng Culture Festival (DCF) tahunan yang digelar Jumat hingga Minggu, 5-7 Agustus 2016

Hampir 100 ribu manusia dari dalam dan luar negeri memenuhi venue yang diberi julukan Negeri di Atas Awan. Seluruh homestay dan hotel di kawasan Dieng penuh.  Bahkan area camping ground di kawasan Candi Arjuna pun juga ramai pengunjung. DCF diisi penampilan musik kontemporer dan tradisi hingga pertunjukan tradisional seperti wayang. Mulai budayawan Emha Ainun Najib, hingga upacara pemotongan rambut anak gimbal yang menyedot perhatian banyak pengunjung.

Event tersebut  (DCF) dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Hari Untoro Drajat,  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet, Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno dan para undangan lainnya.

Yang paling menarik pada DFC adalah prosesi pemotongan rambut anak gimbal yang diikuti oleh 11 anak berambut gimbal. Puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah maupun mancanegara berbaur dengan wisatawan lokal setia mengikuti prosesi ruwatan, dari mulai kirab budaya dari rumah tetua adat Dieng, Mbah Naryono, hingga prosesi perjalanan menuju kompleks Candi Arjuna.

Adinda Wijayanty Putry (4), putri pasangan Mahfudz dan Linda Susanti dari kota Depok mendapat giliran pertama untuk dipotong rambut gimbalnya oleh Mbah Naryono. Selanjutnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut memotong rambut Madina Jauza Aina Effendy (6,5), putri pasangan Bilal dan Ayu. Setelah seluruh anak berambut gimbal itu diruwat, potongan rambut mereka dilarung di Telaga Warna, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo. Pencukuran rambut gimbal harus melalui proses ruwatan. Tidak boleh sembarangan dicukur. Kalau sembarangan, rambut gimbal itu tumbuh kembali. Bahkan akan semakin menggimbal.

Karena keterbatasan waktu kami Keluarga Besar SMP Negeri 15 Kota Cirebon tidak bisa mengikuti seluruh acara Dieng Culture Festival. Namun demikian kami merasa sangat puas bisa menyaksikan keindahan alam Dieng beserta pesona budayanya.

dieng-1-1dieng-1-2

gathering-dieng-3     gathering-dieng

 

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.