Enter your keyword

Kurikulum

Kurikulum SMPN 15 Kota Cirebon

Latar Belakang

Pelaksanaan Kurikulum di SMP Negeri 15 Kota Cirebon pada tahun ajaran 2017/2018 menggunakan Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas VIII dan kelas IX, dan Kurikulum 2013 untuk kelas VII . Pengembangan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan secara terpadu. Pengembangan kurikulum perlu dilakukan karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 15 Kota Cirebon mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan Pendidikan Nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan dan Penilaian Pendidikan. Dua dari kedelapan Standar Nasional Pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama dalam mengembangkan kurikulum di SMP Negeri 15 Kota Cirebon.

 Landasan

  1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
  2. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  4.  Peraturan Mendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
  5. Peraturan Mendiknas RI Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensii Kelulusan.
  6. Peraturan Mendiknas RI Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Mendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, dan Peraturan Mendiknas RI Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kelulusan Tingkat  Pendidikan Dasar dan Menengah
  7. Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013
  8. Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian
  9. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Struktur dan Muatan Kurikulum

Kurikulum 2016 dan Kurikulum 2013

KOMPONEN

KELAS DAN ALOKASI WAKTU

VII

VIII

IX

A. MATA PELAJARAN
1.   Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3 3
2.   Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan

3

2

2

3.   Bahasa Indonesia

6

5

5**)

4.   Bahasa Inggris

4

4

4**)

5.   Matematika

5

5

5**)

6.   Ilmu Pengetahuan Alam

5

4

4**)

7.   Ilmu Pengetahuan Sosial

4

6

6

8.   Seni Budaya

2

2

2

9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

3

2

2

10.       Keterampilan/Teknologi dan Komunikasi

2

2

B. MUATAN LOKAL

1.   Bahasa Sunda

2.   Bahasa Cirebon

3.   Bimbingan Konseling

4.   Baca Tulis Al Qur’an

5.   Prakarya

1

1

1

2

1

1

1

1

1

1

1

1

Jumlah

39

38

38

*)   Ekuivalen 2 jam pelajaran

       **)  Tambahan 2 Jam pelajaran untuk mata pelajaran yang di UN-kan

Ekstrakurikuler dan Penguatan Pendidikan Karakter

A. Ekstrakurikuler

  1. Pramuka
  2. PMR
  3. Paskibra
  4. Seni Tari
  5. Seni Degung
  6. Seni Kontemporer
  7. Taekwondo
  8. Putsal
  9. Baca Tulis Al-Qur’an
  10. Marawis
  11. OSN

B. Penguatan Pendidikan Karakter

  1. Membaca Al-Quran diawal Pelajaran
  2. Membaca do’a diawal dan akhir pelajaran
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya di awal pelajaran, dan Menyanyikan lagu daerah di akhir pelajaran
  4. Shalat dhuha
  5. Shalat dhuhur berjamaah
  6. Shalat jum’at

kaldik 17-18